Cara Kerja, Fungsi dan Pengertian Karburator
Cara Kerja, Fungsi dan Pengertian Karburator - Selamat pagi Bekasi Otomotif, Untuk anda yang belum tahu apa itu fungsi dan kerja karburator pada psotingan kali ini saya akan membeirkan informasinya untuk anda, maka dari itu silahakan simak tutorial berikut ini.
Pengertian karburator
Karburator menjadi alat yang vital bagi sepeda motor ataupun mobil, hampir seluruh sepeda motor atau mobil memakai karburator. Walaupun sekarang ini sudah banyak sepeda motor maupun mobil mengganti karburator dengan system injeksi yang secara otomatis menyemprot bahan bakar lebih baik ketimbang karburator karena system injeksi membuat sepeda motor menjadi irit dan lebih sempurna.
Pengertian karburator
Karburator menjadi alat yang vital bagi sepeda motor ataupun mobil, hampir seluruh sepeda motor atau mobil memakai karburator. Walaupun sekarang ini sudah banyak sepeda motor maupun mobil mengganti karburator dengan system injeksi yang secara otomatis menyemprot bahan bakar lebih baik ketimbang karburator karena system injeksi membuat sepeda motor menjadi irit dan lebih sempurna.
Cara Kerja sistem Injeksi
Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal pada system kerja karburator maka membutuhkan penyetelan yang akurat, serta pengertian yang dalam bagi yang memperbaikinya karena jika hanya mengandalkan bongkar dan pasang saja, anak kecil yang tidak bisa apa-apa pun mampu melakukannya.
Dari itu, kita harus mengetahui detail dari arti karburator itu sendiri. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada mesin sepeda motor, maka karburator harus bisa menghasilkan pengabutan yang pas.
Agar bisa menghasilkan pembakaran yang sempurna sebuah mesin membutuhkan pencampuran bensin dan udara sebanyak 1:12 hingga 18 tergantung jenis mesin yang berarti bensin berjumlah 1 gram bercampur dengan udara sebanyak 12 hingga 18 gram. Namun pada normalnya harus bisa menghasilkan perbandingan 1 banding 15.
Jika campuran bahan bakar ini tidak sebanding akan menghasilkan mesin yang tidak sempurna. Berikut ilustrasinya :
Apabila perbandingan campuran bensin dan udara 1 banding 16 sampai 20 apalagi lebih hal ini berarti campurannya miskin dan ini bisa ber4akibat mesin cepat panas dan tenaga mesin bekurang, namun jika perbandingannya 1 banding 10 sampai 14 keatas maka campurannya kaya. Ini berakibat mesin boros, knalpot mengeluarkan asap kelabu kehitaman dan kadang perih di mata di akibatkan banyak bensin yang terbuang percuma tanpa mengalami proses pembakaran.
Nama komponen karburator, fungsi serta cara kerjanya
Didalam karburator terdapat isinya yang biasa di sebut spuyer karburator, kali ini saya mencoba membahas fungsi dan cara kerja komponen tersebut.
buka empat baut utama pada mangkok karburator dan akan terlihat pelampung dan jarumnya yang biasa di sebut juga jarum karburator, cara membukanya adalah dengan melepaskan pin pada pelampung tersebut.
setelah itu buka spuyer yang berwarna kuning besar menggunakan obeng plat atau tang, ini yang di sebut main jet. dan sebelahnya spuyer kecil yang namanya Pilot Jet.
Karburator - Fungsi Main Jet
Bentuk dari spuyer ini gemuk dan pendek, tugasnya mengatur jumlah debit bahan bakar saat mesin bekerja pada putaran tinggi atau saat di atas rpm 5000/6000. tapi ini juga di dukung atau pilot jet yang membantu saat putaran rendah.
Main Jet ini dilengkapi juga dengan lubang lubang kecil yang berfungsi untuk pengabutan dan mengandalkan udara dari luar atau dari boks saringan udara / filter udara karburator secara langsung karena tidak melalui air screw / baut setelan angin (bahasa bengkel umum)
Bentuknya kecil dan panjang dan juga mempunyai lubang-lubang kecil seperti seruling, spuyer ini akan bereaksi di saat menerima hawa dari sekrup udara.
Pilot Jet bekerja maksimal pada putaran rendah, jadi untuk hidupnya mesin pada awalnya akan sangat tergantung pada spuyer Pilot Jet ini.
Jarum Pelampung dan Pelampung karburator
Tugas serta fungsi Jarum Pelampung dan pelampung yang terletak pada mangkuk karburator ini adalah sebagai pengatur jumlah bahan bakar dalam mangkuk karburator,
tugas jarum pelampung untuk menutupi saluran bensin pada lobang saluran masuk ke mangkuk karburator dari tangki bahan bakar.sedangkan pelampung tugasnya menakar jumlah bahan bakar yang di butuhkan pada mangkuk karburator.
Cara Kerja nya jarum dan pelampung karburator ini adalah di saat bensin mengalir dari tangki bensin melewati jarum karburator, disaat jumlah takaran bensin di mangkuk karburator sudah mencukupi di saat itu pelampung karburator langsung terangkat atau mengambang, bersamaan itu mendorong jarum karburator, hingga menyumbat lobang dari saluran masuk tersebut.
Air Screw
Fungsi dari air screw bertugas untuk mengatur debit udara yang akan bercampur dengan bensin dalam karburator.
Katup Atau Cuk Karburator
katup atau cuk karburator ini berfungsi untuk memancing awal pembakaran dengan jalan menutup jalur masuk udara hingga pembakaran akan menjadi kaya yang mengakibatkan saat menghidupkan mesin akan lebih mudah.
Nedle Jet :
Jet Nedle / Jarum Skep:
Gambar Jet Nadle/ Jarum Skep
Skep Karburator
Per Skep Karburator
Demikian informasi kali ini tentang Cara Kerja, Fungsi dan Pengertian Karburator, semoga dapat bermanfaat.